Materi Senam Lantai

Gerakan Dominan Dalam Senam Lantai 


Siapa ingin menjadi anak tangkas? Bagaimana sikap anak tangkas? Anak tangkas selalu bersemangat dalam melakukan kegiatan seharihari. Ketangkasan dapat dilatih sejak dini. Salah satunya dengan senam lantai. Dilihat dari gerakannya, anak tersebut melakukan gerakan guling ke depan. Dengan melakukan gerakan tersebut, dia memupuk rasa percaya diri, keberanian, dan keuletan. Aspek fisik dan mental perlu disiapkan untuk melakukan senam lantai. Beranikah kamu melakukan gerakan senam lantai? Selain tampak indah, gerakan senam dapat meningkatkan kebugaran tubuh. Aktivitas senam juga memengaruhi perkembangan organ tubuh manusia. Dengan melakukan senam, organ tubuh akan berkembang dengan baik sesuai fungsinya. Kondisi demikian akan m
eningkatkan kebugaran tubuh.



Di kelas V, kamu telah mempelajari senam ketangkasan. Dalam pelajaran tersebut, kamu melakukan gerakan melompat, menggantung, mengayun, meniti, dan mendarat. Pada pelajaran VI ini, kamu akan mempelajari senam lantai. Apa itu senam lantai? Senam lantai merupakan salah satu nomor senam artistik. Contoh lain senam artistik, yaitu senam kuda-kuda lompat, senam kudakuda pelana, senam palang tunggal, senam palang sejajar, dan senam gelang-gelang. Senam lantai menampilkan gerakan yang tampak indah dan atraktif. Dalam pelajaran ini, kamu akan mempelajari gerakan dominan dalam senam lantai meliputi gerak berpindah, bertumpu, pendaratan, ayunan, tolakan, dan putaran. Kamu juga akan mempelajari kombinasi dari gerakan tersebut. Agar kamu terampil, kembangkan sikap disiplin dalam melakukan gerakan senam lantai. A. Gerak Berguling dalam Senam Lantai Amatilah Gambar 6.1. Pada gambar tersebut, tampak seorang anak melakukan gerakan guling ke depan. Deskripsikan gerakan tersebut bersama temanmu. Selanjutnya, komunikasikan hasil pembahasan bersama teman dan guru secara santun. Bagaimana cara melakukan gerakan berguling? Apa yang harus disiapkan ketika akan melakukan gerakan berguling? Untuk mengawali pembelajaran kali ini, mari, lakukan kegiatan berikut.

Dari tayangan video dan diskusi bersama, kamu memiliki pengetahuan awal mengenai gerakan berguling. Apa yang dimaksud  gerak berguling? Gerak berguling merupakan keterampilan dasar sebagai pengendalian dan penguasaan tubuh saat melakukan gerakan putaran ke depan dan ke belakang. Gerak berguling terdiri atas guling ke depan, guling ke belakang, dan guling lenting. Bagaimana melakukan gerak berguling? Berikut penjelasannya.

1. Rangkaian Gerak Dominan, Bertumpu, Tolakan, Putaran, dan Mendarat pada Guling ke Depan Tahukah kamu, apa yang dimaksud guling depan? Guling depan merupakan gerakan badan berguling ke depan melalui bagian belakang (tengkuk), pinggul, pinggang, dan panggul bagian belakang. Gerakan ini membutuhkan kelenturan otot, kekuatan otot, daya tahan tubuh, keseimbangan, dan kecepatan. Bagaimana cara melakukan gerak guling ke depan? Mari, pelajari materi berikut dengan saksama. Amatilah gerakan guling ke depan seperti pada Gambar 6.2! Bersama temanmu, deskripsikan gerakan seperti gambar tersebut. Komunikasikan hasil diskusi bersama teman dan guru secara santun. Selanjutnya, praktikkan gerakan guling ke depan dengan disiplin.




 Dapatkah kamu mempraktikkan gerakannya? Praktikkan gerakan guling ke depan dengan mengikuti langkahlangkah berikut. 
1. Posisi berdiri dan kedua lengan diluruskan ke atas di samping telinga. Pandangan ke arah depan. 
2. Kedua lengan dan kepala diturunkan, badan dibungkukkan dan pandangan mengikuti telapak tangan. Kedua lutut dan siku dalam
3. Kedua telapak tangan bertumpu pada matras. Posisikan kepala di antara dua tangan hingga dagu berimpitan dada. 
4. Lutut kaki dan siku ditekuk secara bersama hingga tumpuan berpindah di tengkuk yang ditempel pada matras. 
5. Gulingkan tubuh ke depan, posisi dagu menempel di dada. Kedua kaki menolak badan ke depan. Posisi punggung melengkung. 
6. Saat punggung menyentuh matras, kedua tangan merangkul lutut sambil berputar ke depan hingga pinggul menyentuh matras. 
7. Mendarat dengan bertumpu pada kedua kaki sambil meluruskan kedua tangan ke depan. 
8. Berdiri ke sikap awal, kedua tangan diangkat. Kedua lutut dan siku dalam posisi lurus.


Permainan Bola Kasti

Gerak dasar dalam Permainan Bola Kasti 
1. Melempar
2. Menangkap
3. Memukul Bola


Perhatikan Vidio Pembelajaran Berikut ini






Comments